Selasa, 08 April 2014

Jantung Adalah Pompa Super Tidak Kenal Lelah

Pernakah anda membayangkan bagaimana kerja dari jantung anda. Jantung kita bekerja lebih hebat dari yang kita bayangkan, maka dari itu kita harus tetap menjaga kesehatan jantung kita agar tetap berfungsi secara normal.

Jantung anda bukan pompa biasa ia adalah sebuah pompa super setiap bagian dari tubuh anda membutuhkan oksigen untuk hidup, dan jantung anda memompa darah yang kaya oksigen ke setiap organ dalam tubuh bahkan saking kuatnya jantung dapat menyemprotkan darah 30 kaki jauhnya.

 Jantung berdetak sekitar 100 ribu kali setiap hari tergantung atas apa yang anda lakukan, coba bayangkan anda meremas bola tenis 100 kali dalam 1 hari mungkin setelah beberapa saat anda akan merasa lelah, tapi jantung anda tidak. Jantung ternyata bukan hanya terdiri dari satu pompa melainkan dua pompa yang berdampingan, Pompa sebelah kiri mengedarkan darah ke seluruh tubuh dan membawa oksigen serta sari-sari makanan untuk di sebarkan ke seluruh sel kita, setelah sampai di bagian tubuh kita paling ujung darah kembali ke pompa sebelah kiri dan di pompa keluar dari jantung. Demikianlah proses ini terus berulang dalam satu hari, jantung memompa darah sebanyak 15.000 liter per hari.

Terus bagaimana caranya kita menjaga agar jantung terus dapat memompa dengan normal ? Kita harus di tuntut aktif dalam dalam melakukan aktifitas fisik cepat minimal 30 menit dalam sautu hari, hal ini dapat membantu jantung kita tetap sehat . Dan jangan lupa tetap menjaga diet sehat dan mulailah melakukan pola hidup yang sehat, perbanyaklah konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan serta ada beberapa produk biji-bijian yang dapat menurunkan lemak yang kita konsumsi sehari-hari.

Selanjutnya Hindarilah rokok yang aktif maupun pasif, selain itu stress juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung anda sebisa mungkin menghindari gaya hidup yang tidak sehat mulailah dengan gaya hidup yang sehat seperti: tidur yang cukup, meditasi, aktivitas fisik yang sehat, makan yang teratur, bisa juga mendengarkan musik.

Mulailah dari sekarang sayangi jantung anda, karena kesehatan adalah aset yang penting untuk masa depan yang tetap sehat. Mungkin penjelasan di atas dapat membantu kita semua agar lebih peka terhadap kesehatan kita.

Jantung Adalah Pompa Super Tidak Kenal Lelah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: de

0 komentar:

Posting Komentar